Rabu, 14 Juni 2017

Kuliah atau Kerja?





gambar kampus






Sebuah kata yang sulit tentunya apalagi buat para siswa yang berada di kelas 12 SMA/SMK dimana tempat semua kebimbangan terjadi.




***



Kuliah takut salah jurusan

Kuliah ntar buang-buang duit

Gak kuliah gak keren

Gak ada biaya





***







Begitulah kira kira yang dipikirkan para remaja yang masih simpang siur memikirkan hidupnya kelak..



***




baca  juga (klik link): Sebenarnya Kuliah itu Penting Gak Sih?


***





"Cari duit atau cari ilmu ya?" itu adalah hal yang kerap kita fikirkan setelah kelulusan SMA/SMK. Benar sih cari ilmu tidak di tempat kuliah saja atau pendidikan formal saja.







 Kalian yang kerja pun akan tetap mendapatkan ilmu dari tempat kerja. Dan mencari duit juga masih tetap bisa anda lakukan dimana saja, bahkan ditempat kuliah sekalipun. 




***





*
*

****







Pertanyaannya, yang mana yang akan kalian prioritaskan? Mencari duitnya atau mencari ilmunya. Pasti kalian pernah atau akan merasakan galau karena harus memilih kerja dulu atau kuliah dulu? Atau bahkan memilih untuk kuliah sambil kerja? Atau memilih kerja saja dan tidak akan kuliah sampai kapan pun. 






Duit memang harus dicari, tapi kita harus mempunyai ilmu agar mendapatkan duit. Ilmu tidak hanya tentang pelajaran yang diajarkan di Universitas saja kok. Ilmu yang dimaksud adalah ilmu untuk mempelajari liku-liku kehidupan yang membuat kita lebih dewasa, jika tidak ada ilmu yang kalian kuasai kalian tidak akan tau bagaimana caranya kalian mencari duit secara positif. 





Jika kalian yang bercita-cita menjadi seorang pekerja yang mempunyai kedudukan cukup tinggi, disinilah letaknya pendidikan. Karena tidak jarang lagi kita menemukan kriteria lamaran pekerjaan dengan pendidikan miniman S1. 





***

baca juga (klik link) : bingung mau kuliah negeri atau swasta?




***




Nahloh? Kalau sudah begini mau kayak gimana? "pengen kuliah, tapi gak ada duit" jangan 




sedih, masih banyak loh universitas dengan biaya yang relatif murah dan terjangkau. Tidak usah muluk-muluk mau kuliah dimana, yang penting kalian masuk di jurusan yang benar dan kuliah yang benar. 






Kualitas seseorang diliat dari diri sendiri kok, bukan dari background pendidikan asalnya dari mana. Jadi balik lagi ke pribadi orangnya. 


Buat kalian yang berstatus sosial diatas rata-rata lebih baik kalian kuliah dulu sebelum kerja, karna apa? Jika kalian memilih kerja dulu, kebanyakan orang merasa sudah puas ketika sudah mendapatkan uang, dan enggan untuk belajar. Karena uang lebih memenuhi segalanya. 




Jika perekonomian keluarga kurang mampu membiayain kuliah, anda bisa kerja dulu untuk satu atau dua tahun. Lumayan pendapatannya untuk membiayai kuliah di masa yang akan datang. Tapi ingat, tanamkan kepada diri kalian bahwa kalian kerja saat ini untuk modal kuliah di tahun yang akan datang. 


Tapi, jika kalian adalah pribadi yang tangguh dan bertanggung jawab. Kalian bisa lakukan keduanya dalam waktu bersamaan. 


***



baca juga (klik link): 10 Universitas Terbaik di Indonesia




***



INGAT! Hal ini hanya bisa dilakukan dengan orang yang mempunyai jiwa tangguh dan tanggung jawab yang besar. Kenapa gitu? Jika kalian tidak tangguh dan bertanggung jawab, di pertengahan jalan kalian akan merasa lelah dan memutuskan untuk berhenti di salah satu bidang. 







Entah kuliahnya, entah kerjanya. Kalian bisa memilih universitas yang dapat mengatur jadwal kuliah dengan jadwal kerja anda, sehingga tidak terjadi benturan. Kalau tidak, kalian bisa mempunyai usaha kecil-kecilan yang menghasilkan duit. 







Misalnya, kalian bisa berjualan pulsa, online shop, accessories pada saat kuliah. Menghasilkan uang kan? Atau jika kalian menguasai materi secara matang, kalian bisa membuka les private yang bisa kalian lakukan sepulang kuliah. Berawal dari mengajar yang tingkatannya kecil saja, jika berhasil. Kalian bisa mengupgradenya ketingkatan yang lebih tinggi. 







Lumayan toh uangnya? Jangan lupa sisihkan uang kalian untuk membayar biaya kuliah! Ingat, kalian kerja untuk kuliah. Jadi harus seimbang dua-duanya agar semuanya berjalan lancar. Intinya, kuliah untuk menunjang pekerjaan yang lebih baik, dan kerja untuk membiayai kuliah tingkat lanjut. 







Namun balik lagi, jika kalian pribadi yang tangguh dan bertanggung jawab lakukan lah kedua hal itu bersamaan.




Tetapi, apapun pilihanmu berkerja baru kuliah, atau kuliah baru kerja atau bahkan melakukan kedua hal sekaligus baik untuk dilakukan. 


Karena kesuksesan seseorang tidak melulu datang dari bangku sekolah, banyak orang yang putus sekolah tetapi bisa menjadi sukses. Jadi, bagaimana kalian melakukannya saja, dan mentargetkan diri kalian untuk menjadi sukses. 


***

baca juga (klik link): Bingung Kuliah apa Kerja????


***


Karena, sukses itu tidak melalui satu cara, dua cara atau berapapun. Sukses itu banyak cara, tergantung bagaimana kitanya.



Pada intinya semua tergantung pada kita memandang dari sudut mana kita memandang. Karena kesuksesan tidak dilihat dari gelar. 




***










***







****

#kuliahataukerja #kuliahkerja #kuliah_atau_kerja #kuliah-apa-kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar